Belajar Matematika

math is the best

PEMANFAATAN MS-EXEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

pada Januari 30, 2012

Dalam dunia pendidikan, komputer mempunyai potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Banyak hal abstrak atau imajinatif yang sulit dipikirkan siswa, dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer. Hal ini akan lebih menyederhanakan jalan pikiran siswa dalam memahami matematika. di eara globalissasi seperti saat ini proses pembelajaran sebaiknya dilaksanakan seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi.

Salah satu program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini yaitu MS-EXEL. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Saat ini excel banyak digunakan sebagai media pembelajaran matematika seperti :

  • pembelajaran bilangan dengan excel
  • pembelajaran statistika dan peluang dengan excel
  • pembelajaran aljabar dengan excel

 

I. PEMBELAJARAN BILANGAN DENGAN EXCEL

 

Materi bilangan dengan standar kompetensi pemahaman sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah diajarkan pada jenjang SMP. Materi ini antara lain mengenalkan sifat-sifat operasi hitung, misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat dan akar. Setelah penanaman konsep, dengan Excel kita dapat membuat suatu aplikasi terkait pembelajaran bilangan guna meningkatkan keterampilan siswa. Dengan menggunakan excel dalam pemblajaran bilangan kita dapat menuliskan formula untuk melakukan operasi hitung sederhana pada Excel dan mengembangkan aplikasi operasi hitung sederhana

 

Menuliskan Formula Untuk Melakukan Operasi Hitung Sederhana Pada Excel

 

Dalam kegiatan belajar ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang penulisan formula pada Excel. Sel dalam Excel dapat diisi teks/label, angka, ataupun persamaan matematika yang disebut formula (The University of South Dakota, 2009). Data yang berupa angka dapat dikenai operasi hitung, sementara untuk data yang berupa teks  tidak. Berbeda dengan label dan angka, saat kita menuliskan formula dalam suatu sel, pada keadaan standard (default) yang akan ditampilkan adalah hasil perhitungannya, bukan formula yang kita tuliskan tadi. Hasil perhitungan ini akan selalu update mengikuti perubahan nilai yang dirujuk. Untuk menuliskan suatu formula dalam Excel didahului dengan tanda =.

Dalam kegiatai kita juga akan mengetahui bagaimana melakukan operasi hitung sederhana pada Excel dan bagaimana urutan pengerjaan sebuah formula serta pengaruh penggunaan tanda kurung terhadap hasil operasi hitung.

 

Mengembangkan Aplikasi Operasi Hitung Sederhana

 

Dengan excel kita dapat membuat aplikasi perkalian sederhana yang bersifat interaktif. Pada penggunaannya nanti, kita diminta memasukkan hasil perkalian dua bilangan yang terdapat pada tabel perkalian. Benar tidaknya jawaban kita yang dimasukkan akan ditunjukkan dengan perbedaan warna sel.

 

II. PEMBELAJARAN STATISTIKA DAN PELUANG DENGAN EXCEL

Materi matematika yang diajarkan pada jenjang SMP pada topik statistika dan peluang mencakup ukuran pemusatan (rata-rata, median, modus), cara penyajian data dan peluang suatu kejadian. Tabel distribusi frekuensi dan diagram batang merupakan bentuk penyajian data. Untuk data yang tidak terlalu banyak, pembuatan distribusi frekuensi dan diagram batang dapat dilakukan secara manual dengan mudah. Namun jika datanya sangat banyak, tentunya akan merepotkan dan memerlukan waktu yang tidak singkat serta ketelitian yang kurang baik. Tak jauh berbeda dengan pembelajaran tentang konsep peluang. Berdasarkan definisi empiris, peluang suatu kejadian adalah nilai perbandingan frekuensi terjadinya kejadian tersebut terhadap semua kejadian yang ada. Konsep ini akan lebih mudah dipahami bila menggunakan visualisasi komputer, khususnya Excel. Kita dapat memanfaatkan fasilitas fungsi dan grafik yang tersedia dalam Excel untuk menghitung ukuran pemusatan, membuat distribusi frekuensi, diagram batang, serta simulasi eksperimen untuk membuktikan peluang dengan pendekatan empiris. dengan menggunakan excel dalam pemblajaran pembelajaran statistika dan peluang kita dapat :

  1. memanfaatkan fungsi statistika untuk menghitung ukuran pemusatan dan membuat distribusi frekuensi data.
  2. memanfaatkan fasilitas grafik untuk membuat diagram batang.
  3.  mengembangkan aplikasi simulasi eksperimen pelemparan sebuah dadu untuk membuktikan peluang melalui pendekatan empiris.

Dengan memanfaatkan fungsi statitiska pada Excel kita dapat menghitung ukuran pemusatan, yaitu rata-rata, median dan modus dengan mudah. Untuk penyajian data, Excel dapat digunakan untuk membuat tabel distribusi frekuensi dan berbagai tipe diagram, salah satunya diagram batang. Selain itu kita dapat melakukan simulasi eksperimen dengan menggunakan Excel sebagai pengganti eksperimen sebenarnya, khususnya pada pelemparan dadu. Dengan simulasi kita dapat memahami konsep peluang secara empiris dengan lebih mudah.

 

III. PEMBELAJARAN ALJABAR DENGAN EXCEL

Materi tentang gradien, persamaan garis lurus, menggambar grafik garis lurus, menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) terdapat dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Matematika jenjang SMP. Dengan pemanfaatan fasilitas fungsi, formula, dan grafik pada Excel untuk membantu dalam pembelajaran materi tentang gradien, persamaan garis lurus dan penyelesaian SPLDV maka kita dapat :

  1. menyusun formula untuk menentukan penyelesaian SPLDV
  2. membuat grafik interaktif garis lurus pada Excel

Terkait pembelajaran topik aljabar, khususnya SPLDV, setelah menggunakan metode eliminasi atau substitusi kita dapat menyusun formula untuk penyelesaian SPLDV tersebut. Formula ini dapat diaplikasikan pada Excel sehingga penyelesaiannya diperoleh dengan mudah dan interaktif. Selain itu dengan fasilitas yang tersedia dalam Excel kita dapat membuat suatu grafik interaktif fungsi garis lurus y = mx + c. Dikatakan interaktif di sini karena kita dapat mengubah-ubah nilai gradien m ata konstanta c dan melihat perubahan grafik yang terjadi setiap kali gradien dan konstanta diubah. Pembuatan grafik interaktif ini memanfaatkan fasilitas formula, Control Tools, dan Chart Tools.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: